Thursday 10 January 2013

Dasar-Dasar yang Diperlukan dalam Desain Pemodelan Grafik

Assalamualaikum Wr. Wb.


Pada bahasan kali ini kebetulan saya mendapatkan tugas softskill tentang apa itu Desain Pemodelan Grafis. Sebenarnya saja juga kurang mengetahui secara detil apa arti dari Desain Pemodelan Grafik itu. Jadi, saya akan menjelaskan penjelasan yang ringan-ringan saja yang saya ketahui yaitu tentang dasar-dasar yang diperlukan dalam desain pemodelan grafik. Untuk mencari materi desain pemodelan grafik yang lebih lengkap, banyak sekelai silahkan tinggal mencarinya di google atau yahoo.

Desain yang ada dipikiran saya pertama kali adalah ya kita membuat suatu rancangan yang melibatkan suatu kreativitas dari penciptanya. Sedangkan, pemodelan itu menurut saya yaitu proses membuat sebuah objek agar terlihat menjadi seperti hidup. Grafik adalah sebuah metode yang digunakan untuk menyajikan data kuantitatif secara visual. 

Jadi, dapat disimpulkan bahwa Desain Pemodelan Grafik merupakan suatu proses dimana akan diciptakan suatu obyek yang baru menggunakan suatu perangkat lunak yang melalui tahapan seperti membuat, menyimpan, dan memanipulasi model dan citra. Kegiatan yang biasanya berkaitan dengan grafik komputer adalah pemodelan geometris, rendering, animasi, graphic library/package, application program, dan citra.

Dewasa ini, perkembangan desain pemodelan grafik sangat pesat sekali. Dari yang dulunya hanya gambar kartun 2D hingga sekarang 3D. Kita tentunya tahu film 3D Avatar, Tintin, Toys Story, dll. Itu merupakan sebuah maha karya manusia yang mampu membuat objek menjadi lebih hidup. Hal yang sangat diperlukan dalam desain pemodelan grafik adalah sebagai berikut:


1. Suka dahulu dengan desain
Mengapa saya berkata seperti itu. Karena orang awalnya orang akan mencoba terus menerus melakukan sesuatu karena orang tersebut memang sangat menyukainya. 

2. Sering-sering mencoba
Sering-sering mencoba merupakan hal yang sangat diperlukan untuk menambah skill, pengalaman dan jam terbang tentang desain pemodelan grafik.

3. Bergabung di forum-forum desain
Forum-forum online sangat membantu untuk mengembangkan keahlian, terutama dalam trik-trik tertentu yang dapat kita manfaatkan untuk meningkatkan kemampuan kita dalam mendesain.

4. Ikut Kursus
Nah, yang ini merupakan opsi terkhir apabila kita mempunyai uang lebih. Sekarang, untuk belajar teknik mendesain tidaklah sulit, karena banyak penyelenggara jasa kursus yang memberikan pelayanan kursus mendesain.

Empat hal di atas merupakan menurut saya mutlak harus dimiliki untuk desain pemodelan grafik. 


Berikut adalah hasil iseng-iseng hasil desain buatan saya ya mungkin biasa aja, tapi ada tapinya nih. Seni itu tidak bisa dibilang baik atau buruk, bagus atau jelek karena pandangan setiap orang berbeda-beda dan yan paling penting seni itu hasil buatan tangan kita sendiri, karena hal itu menjadi kepuasan batin apabila kita mampu membuat sesuatu yang biasa menjadi hal yang luar biasa hehe :D

Desain CD Album for someone


Desain 3D Text The Braders

Desain karakter The Braders

Desain logo IA01


Desain gitar 3D blender



Sekian dan terima kasih. Wassalamualaikum Wr. Wb.

1 comments:

Penglihatan Google said...

terimakasih artikelnya sangat bermanfaat silahkan berkunjung juga ke blog aku yah.. http://uzi-online.blogspot.com Salam kenal

Post a Comment