Thursday 4 July 2013

Don't Make Line 4x4x4

Don’t Make Line 4x4x4 merupakan jenis permainan yang mengandalkan kemampuan befikir dan kecerdasan pemain sebagai elemen utamanya. Permainan ini dimainkan oleh dua orang pemain dengan tujuan membuat salah satu pemain kalah karena ia membuat suatu garis. Banyaknya lingkaran kosong yang nantinya dapat di isi  adalah 64 buah.










KONSEP AI
Kecerdasan buatan atau yang sering disebut dengan AI pada game ini terletak pada komputer yang akan bertindak sebagai lawan. Algoritma yang digunakannya adalah minimax. Komputer akan selalu berusaha mengalahkan user dengan cara menutup langkah pemain untuk tidak membentuk sebuah garis, komputer dapat menyusun strateginya sendiri agar menjadi pemenang.
Algoritma minimax merupakan basis dari semua permainan berbasis AI seperti permainan catur misalnya. AI permainan catur tentunya sudah sangat terkenal dimana AI tersebut bahkan dapat mengalahkan juara dunia sekalipun. Pada algoritma minimax, pengecekan akan seluruh kemungkinan yang ada sampai akhir permainan dilakukan.
Algoritma minimax mampu menganalisis segala kemungkinan posisi permainan untuk menghasilkan keputusan yang terbaik karena algoritma minimax ini bekerja secara rekursif dengan mencari langkah yang akan membuat lawan mengalami kerugian minimum. Semua strategi lawan akan dihitung dengan algoritma yang sama dan seterusnya. Ini berarti, pada langkah pertama komputer akan menganalisis seluruh pohon permainan. Dan untuk setiap langkahnya, komputer akan memilih langkah yang paling membuat lawan mendapatkan keuntungan minimum, dan yang paling membuat komputer itu sendiri mendapatkan keuntungan maksimum. Dalam penentuan keputusan tersebut dibutuhkan suatu nilai yang merepresentasikan kerugian atau keuntungan yang akan diperoleh jika langkah tersebut dipilih.


Tugas Kelompok Softkill Pengantar Teknologi Games :
1. Arini Partiwi (51410102)
2. Rinno Julio Bagus (55410996)
3. Yudha Ardiansyah (58410707)




0 comments:

Post a Comment