Tuesday 5 November 2013

PT. Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk.

Langkah utama dalam mendirikan sebuah perusahaan:

  1. Membuat akte perusahaan ke notaris.
Akte ini biasanya berisi :
Nama Perusahaan
Bergerak di bidang apa
Nama para pemilik modal
Pengurus perusahaan seperti : Direktur Utama, Direktur dan Komisaris

  1. Mendapatkan surat keterangan domisili usaha.
Surat ini didapat dari kantor kelurahan atau kantor kepala desa dima perusahaan berdomisili. Berdasarkan surat ini camat mengeluarkan surat yang sama.

  1. Mengurus NPWP perusahaan
NPWP perusahaan adalah mutlak. Untuk mendapatkannya, kita memerlukan salinan akte perusahaan dan surat keterangan domisili. Biasanya hanya butuh waktu dua jam untuk mendapatkan NPWP.

  1. Mendapatkan surat keputusan pendirian perusahaan dari departemen Hukum dan HAM.
Biasanya ini diurus oleh notaris dan biasanya notaries menyerahkan salinan akte perusahaan, surat keterangan domisili dan NPWP perusahaan untuk mendapatkan SK perusahaan.

  1. Mengurus SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan).
SIUP merupakan bagian dari proses mendirikan perusahaan agar perusahaan bisa beroperasi. Mengurus SIUP relative sama di berbagai tempat.

  1. Mengurus TDP (Tanda Daftar Perusahaan)
TDP merupakan bagian dari proses mendirikan perusahaan. Persyaratannya relative sama untuk berbagai daerah.


Syarat Pendirian PT:

  1. Nama PT (3 Opsi)
  2. Bidang Usaha (7 Bidang)
  3. Nama Pemilik Modal (Min. 2 Orang) dan Presentasi Saham
  4. Klasifikasi Usaha (Kecil, Menengah, Besar)
  5. Nama Direktur Utama (Pimpinan Tertinggi)
  6. Copy KTP Pemilik Modal
  7. Kartu Keluarga bila Dirut adalah Wanita
  8. NPWP Direktur Utama
  9. Foto Direktur Utama 2 Lbr (Ukuran 3x4) atau (4x6 u wilayah Bogor)
  10. Nama dan Copy KTP Komisaris
  11. Surat Keterangan Domisili Usaha
  12. Copy Bukti Surat kepemilikan Tempat Usaha atau Bukti Sewa Menyewa Tempat Usaha
  13. No. Telepon Perusahaan
  14. Deah Lokasi Tempat Usaha (Bila Perusahaan Menjadi Perusahaan  Kena Pajak (PKP))
  15. Stempel Perusahaan (Bila nama Perusahaan Sudah Disetujui sdep. Hukum dan HAM)


Sekilas tentang PT. Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk.

PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk. (“Sampoerna”) merupakan salah satu produsen rokok terkemuka di Indonesia. Kami memproduksi sejumlah merek rokok kretek yang dikenal luas, seperti Sampoerna Kretek, A Mild, serta “Raja Kretek” yang legendaris Dji Sam Soe. Kami adalah afiliasi dari PT Philip Morris Indonesia dan bagian dari Philip Morris International, produsen rokok terkemuka di dunia.
Misi kami adalah menawarkan pengalaman merokok terbaik kepada perokok dewasa di Indonesia. Hal ini kami lakukan dengan senantiasa mencari tahu keinginan konsumen, dan memberikan produk yang dapat memenuhi harapan mereka. Kami bangga atas reputasi yang kami raih dalam hal kualitas, inovasi dan keunggulan.
Pada tahun 2012, Sampoerna memiliki pangsa pasar sebesar 35,6% di pasar rokok Indonesia, berdasarkan hasil Nielsen Retail Audit Results Full Year 2012. Pada akhir 2012, jumlah karyawan Sampoerna dan anak perusahaannya mencapai sekitar 28.500 orang. Selain itu, Perseroan juga berkerja sama dengan 38 unit Mitra Produksi Sigaret (“MPS”) yang berada di berbagai lokasi di Pulau Jawa dalam memproduksi Sigaret Kretek Tangan, dan secara keseluruhan memiliki lebih dari 61.000 orang karyawan. Perseroan menjual dan mendistribusikan rokok melalui 73 kantor penjualan di seluruh Indonesia.
Tahun 2012 merupakan tahun yang cemerlang bagi Perusahaan dimana kami mencapai rekor penjualan melebihi 100 miliar batang, ditambah berbagai pencapaian lain di banyak bidang.  Tahun 2012 juga merupakan tahun yang istimewa bagi Sampoerna, ditandai dengan HUT kami ke-99 – angka 9 memiliki makna khusus dalam sejarah Sampoerna – dan beberapa tonggak penting tercapai, antara lain pembukaan dua pabrik sigaret kretek tangan baru di Jawa Timur dan pendirian pusat pelatihan search and rescue di Pasuruan sebagai bagian dari program tanggung jawab sosial Sampoerna.
Sebagai salah satu produsen rokok terkemuka di Indonesia, Sampoerna bangga pada  tradisi dan filosofi yang menjadi dasar kesuksesan perusahaan yang didukung dengan merek-merek yang kuat serta karyawan-karyawan terbaik, sambil terus berinovasi untuk masa depan yang lebih gemilang.


Struktur Organisasi PT HM Sampoerna
Berikut ini merupakan bagan struktur organisasi PT HM Sampoerna


Penjelasan
Struktur organisasi yang digunakan oleh PT. HM Sampoerna Tbkdiatas merupakan bentuk struktur organisasi lini (Line OrganizationStructure), yaitu organisasi yang wewenang atasan langsung ditujukankepada bawahan, karena bawahan bertanggung jawab langsung kepadaatasannya dan adanya suatu perintah. Berikut ini adalah masing-masing bagian yang terdapat dalam struktur organisasi PT. HM sampoerna Tbksebagai berikut :

  1. RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham)
Rapat umum pemegang saham berada paling atas strukturorganisasi perusahaan, yang biasanya diadakan setiap setahun sekalipada akhir juni.

  1. Dewan Komisaris
Dewan Komisaris terdiri dari seorang Presiden Komisaris dan duaorang anggota komisaris.

  1. Direksi
Direksi terdiri dari Presiden Direktur dan 2 orang direktur yangsecara bersama-sama mempunyai hak dan wewenang mewakili dan bertindak atas nama Direksi.

  1. Direktur Pelaksana (CEO)
Tugas Direktur Pelaksana yaitu :
1. Mengkoordinir seluruh kegiatan perusahaan termasuk sumber dayamanusia (SDM), Administrasi, pemasaran, manufacturing, litbangdan keuangan.

2. Memberikan pengarahan dan petunjuk kepada para pelaksana danmengawasi keseimbangan antara wewnang dan tanggung jawabserta memastikan bahwa prosedur kerja di dalam perusahaan berjalan lancar.


  1. Divisi Sumber Daya Manusia
Divisi ini terdiri dari bagian Personalia, Rencana Pengembangandan Kesejahteraan.

  1. Divisi Administrasi
Divisi ini terdiri dari Bagian Umum, Hukum, dan HubunganMasyarakat.

  1. Divisi Pemasaran
Divisi ini terdiri dari penelitian pasar, pengendalian merk,pemasaran lapangan, koordinasi penjualan.

  1. Divisi Manufacturing
Divisi ini terdiri dari bagian Bahan Baku, Produksi, Engineering.

  1. Divisi Litbang
Divisi ini terdiri dari bagian Laboratorium, PengembanganProduk, Pengontrolan mutu dan penelitian dasar.

  1. Divisi Keuangan
       Divisi ini terdiri dari bagian Bendahara, Akuntansi dan EDP.



Strategi Operasi

Perusahaan-perusahaan yang paling dikagumi dunia dalam perencanaan dan pengendalian operasinya banyak menerapkan Six Sigma, salah satunya adalah PT HM Sampoerna Tbk. Six Sigma merupakan tujuan yang hampir sempurna dalam memenuhi persyaratan pelanggan. Six Sigma merujuk kepada target kinerja operasi yang diukur secara statistik dengan hanya 3,4 kesalahan untuk setiap juta aktivitas. Six Sigma juga merupakan usaha perubahan budaya supaya posisi perusahaan ada pada kepuasan pelanggan, profitabilitas dan daya saing yang lebih besar. Six Sigma merupakan sistem yang komprehensif dan fleksibel untuk mencapai, mempertahankan dan memaksimalkan sukses bisnis, yang secara unik dikendalikan oleh pemahaman yang kuat terhadap kebutuhan pelanggan, pemakaian disiplin terhadap data, fakta dan analisis statistik serta perhatian cermat untuk mengelola, memperbaiki dan menanamkan kembali proses bisnis.


Strategi Bisnis

Untuk memperkuat posisi pasarnya, PT.HM Sampoerna menghadirkan beberapa macam inovasi, antara lain :
  • Meluncurkan rokok A Flava Click Mint yaitu produk rokok mildpertama di Indonesia dengan inovasi click mint, yang menawarkan 2pengalaman rokok berbeda kepada perokok dewasa, yaitu rokokdengan rasa mild & mint.
  • Meluncurkan rokok A Mild, A-Mild merupakan rokok rendah nikotin(Low Tar Low Nicotine/LTLN) pertama di Indonesia dengankomposisi tar/nikotin 14 mg/1.0 mg.

Strategi Penggajian

Sampoerna – TPO Prod Coordinator
gaji pokok Rp 4.500.000,00+meal allowance Rp 800.000,00 –> 2009
itu adl gaji saat probation (3 bln). setelah lulus probation maka gaji pokok akan naik sekitar 25%.



Sumber:
http://www.sampoerna.com/id_id/about_us/pages/sampoerna_overview.aspx
http://www.academia.edu/4298843/Struktur_Organisasi_serta_Unsur-Unsur_Administrasi_pada_PT._HM_Sampoerna
http://www.putra-putri-indonesia.com/syarat-pendirian-perusahaan.html
http://romailprincipe.com/daftar-standar-gaji-perusahaan-indonesia

1 comments:

Arfan Adiputra said...

Terima kasih,Artikel nya sangat membantu
Silahkan
Kunjungi website kami

Post a Comment